Kamis, 16 Agustus 2012

Laporan OR


Beberapa agenda ramadhan yang diadakan oleh Kammi Daerah Semarang (KAMMDA) yang begitu dinanti salah satunya yaitu Olimpiade Ramadhan. Agenda yang bertemakan “Ramadhan Untuk Semua” dari KAMMDA ini diadakan di wilayah Kammi Komisariat Ikip Pgri Semarang sebagai tuan rumah. Hal itu dilatarbelakangi karena untuk tahun kemarin juara umum pada agenda yang sama adalah dari komsat ikip. Sehingga Kammi komisariat ikip dengan segenap perjuangan memilihkan tempat yang kondusif yaitu di Masjid Takwa Halmahera lantai 2 sebelah selatan Kampus IKIP Pgri Semarang. Agenda ini dilaksanakan pada Sabtu, 28 juli 2012 dari jam 8 pagi hingga menjelang buka puasa. Moment ini merupakan kehormatan tersendiri bagi kammi ikip, karena jarang sekali agenda besar yang diadakan KAMMDA tersebut dapat diadakan disetiap komisariat di Semarang.
            Olimpiade ramadhan sangatlah ditunggu-tunggu oleh beberapa komisariat lain yang ingin sekali berpartisipasi. Komisariat yang bisa hadir dalam olimpiade ini adalah Unnes, IKIP, FIB UNDIP, MIPA UNDIP, TEKNIK UNDIP, Peternakan UNDIP, FPIK UNDIP, dan UNNISULA. Adapun lomba-lomba yang diadakaan meliputi lomba artikel, lomba debat, dan lomba rangking 1. Dari ketiga lomba tersebut, dua lomba yang meramaikannya adalah debat dan rangking 1. Pertama adalah Lomba Debat yang meliputi babak penyisihan, babak semifinal, dan terakhir babak final. Dalam lomba debat ini, tim debat komisariat IKIP melawan tim debat dari UNNES.
Sungguh kompetisi yang seru dan menegangkan karena sama-sama satu gender dalam anggota timnya 3 akhwat dari ikip dan 3 akhwat dari UNNES. Mereka mendebatkan tentang “Politisi Muda; Perubahan versus Pengalaman”. Dalam babak penyisihan, tim debat IKIP dalam pihak setuju sedangkan yang tim debat UNNES tidak setuju. Pada babak penyisihan ini tim debat ikip belum diridhoi oleh Allah karena tida lolos mencapai semifinal. Melihat hal ini bagi tim debat IKIP adalah sebuah pembelajaran berharga untuk meningkatkan tingkat intelektualnya. Sedangkan satu lomba lagi yang lebih meriah yaitu lomba rangking 1 yang diadakan ba’da asar jam 16.00 wib. Banyak peminat dari kader komisariat lain yang semangat berpartisipasi mengikuti lomba rangking 1 ini, karena dilihat dari peserta lomba aula yang memenuhi aula Masjid Takwa Halmahera tersebut. Lomba ini dipimpin oleh pihak KAMMDA yaitu Akh Ibnu Cahyo sebagai pembaca soal nya. Beliau memberikan semangat kepada peserta agar bisa memenangkan lomba tersebut dengan melewati tantangan soal yang akan diberikan. Selain itu, ada reword bagi pemenangnya. Dan yang lebih menariknya lagi Reword yang akan diberikan adalah handphone Blackberry atau istilah lainnya BB. Betapa antusias para pesertanya untuk memenangkan lomba rangking 1 ini. Dari komisariat ikip menerjunkan 8 peserta lomba Rangking 1 berikut dengan ketua komisariatnya juga berpartisipasi ikut. Tetapi alangkah disayangkan karena pertanyaan pertama sampai pertanyaan ke 5 saja sudah banyak yang gugurdan menyisakan sekitar 10 akhwat dan 5 ikhwan. Dari peserta komisariat IKIP sendiri 2 orang peserta yang masih bertahan, hingga pada akhirnya peserta lombanya tersisa 2 perwakilan kader kammi komisariat. Yang pertama dari akhwat komsat UNNES dan yang kedua ikhwan dari komsat IKIP. Tidak terduga bahwa peserta lomba yang dari ikip KAKOM KAMMI IKIP  yaitu Akh Rianda Herlan SA. Perlombaan semakin seru dengan teriakan dan tepuk tangan para suporter masing-masing komisariat antara UNNES dan IKIP. Hingga pada satu pertanyaan tertentu yang membuat KAKOM IKIP tersisihkan tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Kemudian tinggal satu peserta akhwat dari UNNES yang menghadapi beberapa pertanyaan dari Akh Ibnu yang juga gagal dalam satu pertanyaan yang diajukan walau ada peserta lain yang diperbolehkan untuk membantu. Akhirnya untuk reword berupa BB kali ini belum ada yang bisa memperolehnya.
            Puncak acara yang selanjutnya adalah acara penutup beserta pengumuman pemenang  lomba. Sambutan dari Ketua KAMMI Daerah semarang atau yang mewakilinya yaitu akh Perdana dan dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia dari KAMMDA yaitu akh Danir. Kemudian yang ditunggu-tunggu pengumuman pemenang dan juara umum. Pertama pengumuman juara lomba artikel pada saat itu pula semua suasana agak tegang. Dan untuk komsat IKIP Kakom kita Akh Rianda menduduki juara kedua dalam lomba artikel ini. Akhirnya untuk juara umum di Olimpiade Ramadhan ini adalah Kammi Komsat UNNES dengan skor 60 point, kemudian juara 2 Komisariat MIPA UNDIP sebesar 50 point dan juara ke 3 Komisariat IKIP dengan 40 point. Jazakumullah khoiron katsir kepada semua delegasi lomba yang sudah berpartisipasi dalam Olimpiade Ramadhan khususnya kader Kammi komisariat IKIP yang sudah meluangkan waktu demi melancarkan serta memeriahkan acara tersebut. Walau tidak juara umum tapi kita tetap harus menggali, mengembangkan dan memantapkan potensi dakwah, intelektual, sosial, politik dan kemandian ekonomi mahasiswa sesuai dalam misi KAMMI. Hari kemarin sudah berlalu, hari ini tengah berjalan, dan hari esok belum terlahir. Maka manfaatkanlah setiap kesempatan emasmu, karena kesempatan itulah mangsa yang paling mudah! Allahu Akbar. ( Maknunah_Sekum)

0 komentar:

Posting Komentar