Sabtu, 12 Januari 2013

CARA MEMBUAT QUIZ ONLINE DENGAN PROPROFS


Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat kuis online dengan proprofs,yaitu:
1. Buka alamat alamat Proprofs Quiz Maker untuk melakukan registrasi. Caranya klik sign up kemudian masukkan username, password, dan email anda kemudian klik start creating my quiz.
2. Buka email dan lihat email notifikasi dari proprofs lalu lakukan login pada proprofs.com. Klik Create A Quiz untuk membuat kuis kemudian klik Scored Quiz klik continue.
3. Isi judul dan deskripsi kuis yang dibuat serta pilih kategori kuisnya. Pada Pada Add Questions, pilih soal yang diinginkan. Ada 6 pilihan yaitu Multiple Choice, Checkboxes, True/False, Fill in The Blanks, Essay Type, dan Matching.

4. Khusus bentuk Multiple Choice (karena proses penskoran lebih mudah dan cara menjawabnyapun siswa sudah terbiasa serta mudah)Buat soal terlebih dulu dengan cara mengetik biasa, jika memerlukan gambar, symbol matematika, maupun link bisa memilih pada toolbar yang disediakan. Kemudian isikan option jawaban pada kolom yang disediakan dan berikan tanda centang pada jawaban yang benar. Jika akan menambah option jawaban klik add new option dan jika soal sudah selesai dibuat klik save now. Untuk membuat soal berikutnya klik lagi Multiple Choice dan buas soal berikutnya.
5. Setelah soal selesai dibuat kemudian soal diatur sesuai dengan kebutuhan dengan cara klik edit setting, diantaranya :
   -Maximum score = skor maksimum yang dikehendaki guru.
- Result type = komentar hasil setelah mengerjakan, bisa dipilih dengan cara mengkliknya.
- Minimum passing score = skor minimum untuk tuntas dalam persentase, bisa diatur sesuai   KKM mata pelajaran.
- Password protect quiz = soal online bisa dilindungi dengan password yang bisa ditentukan sendiri, ketikkan password yang diinginkan minimal 5 karakter. Gunakan password yang aman dan kuat, password bisa dibagikan kepada peserta tes yang kita kehendaki.
- Quiz visibility = penampakan soal.
- Comment = komentar soal online, pilih public agar orang lain bisa mengomentari soal online yang kita buat.
- Order of question = penyajian soal yang diinginkan, pilih sequential jika menginginkan soal berurut sesuai yang kita buat. Pilih random untuk mengacak soal yang telah kita buat.
- Number of question = nomor pertanyaan soal, bisa dipilih show all question.
- Max. Time to complete quiz = waktu maksimal yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal online, bisa ditentukan dalam hitungan menit maupun jam, tinggal sesuai selera kita.
- Choose your language = pilihan bahasa pengantar dalam soal online.
- Quiz is available = pilih aja always agar soal bisa diakses selamanya.
6. Selanjutnya kuis siap untuk dipublikasikan baik melalui facebook, twitter, maupun blog pribadi seperti contoh berikut Kuis Online Proprofs.
7. Apabila siswa sudah mengerjakan kuis ini secara online, maka siswa tersebut akan memperoleh sertifikat yang berisi nilai dari pekerjaannya.

(Syarah Akamaliyah_Pend. MTK 2010_staff Kastrat)

0 komentar:

Posting Komentar