Minggu, 10 Juni 2012

Pandangan Islam



Islam. Agama yang indah. Agamaku adalah agama yang indah. Ku bersyukur beragama islam. Dalam islam, banyak kewajiban yang harus dijalankan. Islam itu sendiri kependekan dari Isya’ Subuh Luhur Ashar Maghrib. Demikian salah satu kewajiban bagi orang islam yang dimana tertera dalam rukun islam. Namun hal tersebut sangat sulit dilakukan sebagian orang islam. Dalam kenyataannya banyak orang lebih mengutamakan karir atau pekerjaannya daripada ibadah mereka. Padahal hanya Allah yang memutar kehidupan mereka. Tanpa mereka sadari, mereka merasa mendapatkan uang dari hasil keringat mereka sendiri. Padahal hanya Allah yang memberi rejeki kepada semua orang. Pada contoh lain, orang yang benar-benar tak punya uang, dengan teganya mereka melakukan perbuatan yang keji demi memenuhi kebutuhannya. Pikiran orang yang seperti itu, menunjukkan bahwa imannya belum kuat. Menginginkan kebahagiaan keluarganya, namun disisi lain harus berusaha mendapatkan uang secepat mungkin. Seperti itulah biasanya pemikiran orang-orang yang seperti itu.
Islam di dominankan dengan pemakaian jilbab. Hal itu ditujukan untuk menutup aurat. Namun di jaman modernisasi ini banyak sekali penyalahgunaan jilbab sebagai penutup aurat. Jilbab yang sebelumnya menjadi mahkota paling indah dalam islam, kini hampir tak ada harganya dalam pemikiran sebagian orang. Kebanyakan para ibu memakai jilbab namun tanpa memperhatikan pakaian. Berpakaian baju lengan pendek, memakai celana pendek dan kemudian memakai jilbab. Begitulah kenyataan yang sering sekali terlihat. Sangat sulit untuk menasehati, karena mereka sudah salah persepsi. Banyaknya kesalahan pengartian pemakaian jilbab membuat derajat islam menurun. Padahal sesungguhnya islam itu agama yang indah, hanya orang-orangnya saja yang belum bisa membawa agama islam dengan baik.
Didalam ajaran islam, memiliki muatan positif. Karena memang islam bertujuan menghasilkan para umat yang beriman dan bertakwa. Selain dalam materi, banyak juga praktek didalamnya yang bermuatan positif juga. Namun dengan berkembangnya jaman modern, islam terpecah belah oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Mereka dengan seenaknya memecah belah islam menjadi beberapa aliran yang diantaranya terdapat aliran yang menyesatkan. Karena itu, kita para muslimin dan muslimat sedang di uji keimanan kita dengan munculnya beberapa aliran-aliran yang dikatakan sesat tersebut. Kuat atau tidak iman kita tergantung pada diri masing-masing.
Islam adalah agama yang indah. Kalaupun ada pandangan yang menyatakan bahwa sekarang islam sedikit miring, itu karena umatnya yang belum bisa meyakini agama sepenuhnya. Umat tanpa agama tak akan menjadi umat yang sesungguhnya. Demikian sebaliknya, agama tanpa umat juga tak ada guna. Sebagai umat yang baik, harus bisa menyeimbangkan keduanya. Kalaupun belum bisa, dimulai dari hal sekecil apapun. Sekecil apapun niat kita dan sekecil apapun yang kita lakukan akan bisa menghasilkan hal besar.
Wahai para muslimin muslimat sesungguhnya banyak setan terkutuk yang merasuki pikiran kita. Jadi, seyogyanya kita yang harus kuat dalam iman kita. Meski itu sangat sulit, namun dengan upaya yang keras dan terus berdoa, insyaallah kita bisa. Seperti yang sudah dituliskan diatas, hal sekecil apapun yang kita lakukan, bisa menghasilkan hal besar.
Begitu sekiranya dari penulis. Apabila mungkin ada kata atau ucapan yang kurang benar dan kurang berkenan, penulis selalu membuka pintu saran dan kritik bagi para pembaca. Semoga dengan saran kritik tersebut, penulis bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. ( Ninin Harjiyanti, staff kaderisasi Grobogan, 12 Mei 1994, Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ),2011)

0 komentar:

Posting Komentar